Donate

Norek. 2671582782

a.n Daniel J Ananda ( Bendahara Yayasan Harapan )

Norek.  1010007288315

a.n Daniel J Ananda ( Bendahara Yayasan Harapan )

Kontak Kami
Pengunjung




JAKARTA – Di balik rasanya yang lezat, peneliti menemukan bahaya mengintai dari barbeque. Penelitian terbaru menyebutkan bahwa kerap mengonsumsi daging, ikan atau ayam dengan tingkat kematangan well-done diolah dengan barbeque meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Penelitian ini melibatkan lebih dari 90.000 responden.

“Penelitian kami menemukan risiko hipertensi dan darah tinggi lebih besar pada kelompok yang memasak dengan api terbuka, barbeque, dan temperatur tinggi, termasuk memanggang dan membakar,” ungkap Dr Gang Liu dari Harvard T.H. Chan School of Public Health, Boston.

Dilansir dari Reuters, peneliti meneliti kebiasaan makan responden dan dibandingkannya dengan apakah tekanan darah meningkat atau tidak. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam acara American Heart Association ini menunjukkan bahwa konsumsi barbeque dan sejenisnya lebih dari 15 kali per bulan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi hingga 17%.

Sementara mereka yang gemar mengonsumsi daging dengan tingkat kematangan well-done saat barbeque, risiko ini meningkat 15%. Penelitian lainnya juga menyebutkan hubungan daging merah dengan risiko kanker dan hipertensi. Memasak daging, ikan dan ayam dengan cara dibakar dan dipanggang dengan cara barbeque meningkatkan risiko penyakit mematikan.

Tekanan darah yang meningkat dinilai peneliti karena produksi hormon tidak baik dari daging, ayam dan ikan saat dibakar. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa konsumsi makanan yang dibakar dan dipanggang memicu reaksi stres oksidatif dan inflamasi.

sumber : https://lifestyle.sindonews.com/read/1301746/155/kebanyakan-makan-makanan-barbeque-tingkatkan-risiko-hipertensi-1524994557